Saturday, October 20, 2018


Detail Jam Tangan

  • Mesin jam quartz
    Mesin jam quartz atau mesin jam yang menggunakan baterai, banyak kita temui di spesifikasi berbagai merk jam. Banyak merk memakai mesin ini karena mesin jam ini lebih terjangkau, hanya saja ketahanan hidup jam cuma sampai 3 tahun saja maksimalnya.
  • Mesin jam otomatis
    Selain mesin jam quart yang kita kenal sekarang, ada juga mesin jam otomatis. Jam tangan yang memakai mesin ini umumnya sangat akurat untuk menunjukkan waktu, selama pemakai jam tangan tersebut teratur memakainya. Walaupun, tidak seakurat jam tangan quartz namun jam tangan dengan mesin otomatis tradisional masih disukai oleh banyak orang. Sayangnya mesin jam otomatis ini hanya bertahan 2-3 hari.
  • Mesin jam mekanik
    Untuk mesin jam ini perlu diputar dengan teratur karena pada dasarnya tidak seakurat seperti mesin jam quartz ataupun mesin jam otomatis. Biasanya jam tangan ini hanya diperuntukkan kebutuhan fashion show, pameran, maupun gaya.
  • Mesin jam kinetik
    Mesin jam ini terbilang cukup canggih karena kemampuannya memanfaatkan gerakan tubuh manusia untuk mengisi daya listrik pada kapasitor untuk membuat jarum jam berputar. Anda tidak memerlukan baterai maupun mengganti baterai. Brand Seiko adalah salah satu yang menggunakan mesin jam ini untuk produk mereka.
  • Mesin jam eco-drive
    Mesin jam tangan ini menggunakan tenaga surya sebagai sumber untuk menggerakkan jarum jam. Maka dari itu mesin terbilang ramah lingkungan dan mampu berfungsi juga dalam keadaan yang gelap tanpa cahaya.
  • Mesin tough solar
    Hampir mirip dengan mesin jam eco-drive, mesin jam tough solar ini mengandalkan sumber energi dari panel surya ultra kecil dan disebut juga jam tangan yang ramah lingkungan. Jam tangan ini dapat diisi ulang dan ketahanan hidup baterainya yang tahan lama, serta berfungsi pula di kondisi yang minim cahaya sekalipun.
  • Case
    Seperti yang kita tahu case jam tangan memiliki bentuk yang beragam yang terbuat dari logam dan terlihat pada lapisan penutup jam. Lapisan penutup ini sangat berpengaruh pada tampilan jam tangan Anda, maka Anda perlu cermat dalam memilih casenya yang bisa Anda pilih sendiri motif lapisannya.
  • Kaca jam 
    Bahan pembuat kaca jam tangan berbagai macam dan yang paling dikenal adalah kaca mineral sebab kaca ini memiliki daya tahan yang kuat, serta lebih mudah dicari. Hanya saja kaca jam ini mudah tergores jika terkena sesuatu. Lalu ada juga jenis kaca safir yang punya tingkat kekerasan yang baik dan tidak mudah tergores, namun Anda harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit karena kaca jam ini jenis kaca yang paling mahal.
  • Dial
    Bagian dial ini adalah sebagai penunjuk Anda melihat jam, ada jarum yang kecil, besar, dan yang lebih kecilnya lagi. Jarum jam sendiri terbuat dari bahan metal sebagai tanda waktu, jarum yang kecil adalah jam, dan jarum yang lebih kecil adalah menit.
  • Gear
    Gear merupakan istilah gigi di Indonesia yang ada di bagian dalam jam yang meliputi mainspring sebagai letak energi utama jam, kemudian hairspring gigi, serta roda penyeimbang yang mengatur gerakan jarum jam, lalu ada juga escapement yaitu sebagai penyalur energi dari mainspring ke hairspring. Selain itu pada bagian tersebut ada pula cabang pengatur sebagai pengubah jarum jam.
  • Calendar
    Merupakan bagian dari dial yang fungsinya untuk petunjuk tanggal yang ditampilkan dengan angka atau jarum khusus.
  • Watch Bezel
    Daerah pada pinggiran kaca jam yang berbentuk cincin yang melingkari jam biasanya disebut bezel yang terdapat tulisan-tulisan tertentu untuk tujuan fungsional seperti pada tachymeter. Bezel ini tidak dapat digerakkan. Pada jam tangan tertentu bagian bezel ini ditempeli dengan aksesoris perhiasan seperti permata dan biasanya terdapat pada jam tangan wanita.

No comments:

Post a Comment

•  Jam Tangan Chronograph Jam chronograph mempunyai fitur pengukur waktu atau stopwatch yang bisa bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari...